Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Payakumbuh, Wawako : Tanamkan Semangat Kebangsaan dan Rasa Nasionalisme,

Payakumbuh – Untuk pertama kali, Wakil Walikota Erwin Yunaz didaulat sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan peristiwa Gerakan 30 September, hari Kesaktian Pancasila tahun 2017, di Halaman Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik, Selasa (3/10)

Upacara tanpa penaikan bendera dan pidato tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Asisten I, II, dan III, Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, H. Suparman, Pimpinan OPD, ratusan siswa dan pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Payakumbuh serta tamu undangan lainnya.

Seusai upacara, Wakil Walikota Erwin Yunaz menghimbau serta mengajak warga kota untuk tetap mempertahankan serta mempelajari nilai-nilai Pancasila. Karena Pancasila mampu mempersatukan kehidupan masyarakat yang beraneka ragam suku, agama, ras, dan adat istiadat dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian pembacaan Ikrar oleh siswa pelaksana upacara tersebut memiliki makna penting bahwa semangat kebersamaan yang dilandasi nailai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Pancasila sebagai dasar negara, seharusnya, menjadi nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat, untuk itu seluruh PNS dan jajaran Dinas Pendidikan diharapkan berada di barisan paling depan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Peristiwa G30S/PKI adalah salah satu episode berdarah dan kelam yang merongrong tegaknya NKRI dalam perjalanan sejarah bangsa ini.

Menurut wawako Erwin Yunaz, jangan hanya sekedar diperingati seremonial saja, tapi seyogianya dipelajari secara dalam, untuk menanamkan semangat kebangsaan dan rasa nasionalisme pada seluruh anak bangsa ini, melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila, simpul Wawako.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penyerahan penghargaan berupa tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya untuk masa pengabdian 10, 20, dan 30 tahun serta penyerahan surat keputusan (SK) kenaikan pangkat bagi sejumlah ASN di lingkungan pemko Payakumbuh.

Satyalancana Karya Satya 30 tahun untuk tahun 2017 ini diserahkan kepada Refrizal Sam dan Rasyida Syafriani, untuk 20 tahun diserahkan kepada Edvidel Arda dan Merli Aslida. Kemudian Aidil Fitri Fanny menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun.

Selain penghargaan Satyalancana Karya Satya pada acara tersebut juga diserahkan SK kenaikan pangkat. Untuk Golongan II diserahkan kepada Iyon dan Nofiatri, Golongan III Adrianto dan Yovi Sandra serta Golongan IV diserahkan kepada Dony Prayuda dan Roza Aulia. (Rel/Humas DPRD)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s