Dipimpin Oleh Suparman dan Wilman, Wawako Suwandel Sampaikan Pendapat Walikota Atas Ranperda Usul DPRD

Payakumbuh – Keberhasilan DPRD dalam menjalankan amanat rakyat tidak terlepas dari SDM, integritas dan kredibilitas Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dalam menjalankan fungsi, tugas dan wewenang perlu dilakukan koordinasi antara DPRD dengan Pemerintah Daerah setempat agar terjalain hubungan harmonis serta saling menghormati satu sama lainnya. DPRD Dan Walikota berkedudukan sebagai mitra yang sejajar yang mempunyai fungi Berbeda.

DPRD mempunyai fungsi pembentukan Perda,  anggaran dan pengawasan yang dijalankan dalam rangka representasi rakyat serta mempunyai tugas dan wewenang antara lain, membentuk Perda bersama Walikota, membahas dan menyetujui RAPBD yang diajukan Walikota serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD, sedangkan Walikota melaksanakan fungsi pelaksanaan atas Perda dan kebijakan daerah yang dibantu oleh Perangkat Daerah.

Hal tersebut, disampaikan oleh Wakil Walikota Payakumbuh, H. Suwandel Muchtar. MM pada Sidang Paripurna DPRD Kota Payakumbuh yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, H. Suparman dan H. Wilman Singkuan, Senin (10/7) di Aula Sidang setempat,  dengan agenda Penyampaian Pendapat Walikota Atas Ranperda Usul DPRD Payakumbuh tentang Penetapan Hak Keuangan Dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Lebih lanjut, dalam nota penjelasannya,  Wawako Suwandel Muchtar menyampaikan, Ranperda ini diajukan diluar program pembentukan Perda yang telah ditetapkan oleh DPRD Kota Payakumbuh mengingat adanya aturan yang menyatakan bahwa program pembentukan Perda bersifat komulatif terbuka, artinya, Perda boleh dibahas diluar Propemperda yang telah ditetapkan apabila terbit Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi ( PP No. 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Pasal 28 – red) dari Perda setelah Propemperda ditetapkan yang mengamanatkan dibentuknya Peraturan Daerah.

Berdasarkan ketentuan tersebut Ranperda Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD diajukan untuk dibahas dan menjadi pedoman sesuai dengan Peraturan Perundang – undangan yang berlaku dan ditetapkan menjadi Perda.

Diakhir penyampaiannya, Wawako Suwandel Muchtar berharap, kedepan, kerjasama yang sudah terjalin baik antara DPRD dengan Pemerintah Daerah kita jaga dan tingkatkan terus demi menuju Payakumbuh yang maju, adil dan sejahtera, “Basamo Kito Bangun Payokumbuah”, ucap Wawako Suwandel mengakhiri. (juned/humas)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s