Lansia Payakumbuh Kini Diketuai dr Iskandar, Edward DF: SKPD Baca Karakter Lansia dengan Baik!

LANSIA-Ketua Kelompok Lansia Payakumbuh dr Iskandar menerima SK dari Wawako Suwandel Mukhtar dan Anggota DPRD Edward DF

LANSIA-Ketua Kelompok Lansia Payakumbuh dr Iskandar menerima SK dari Wawako Suwandel Mukhtar dan Anggota DPRD Edward DF

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Ketua Kelompok Lansia Kota Payakumbuh resmi berganti. Dr Iskandar kini menjabat ketua perkumpulan usia 60 tahun yang sebelumnya telah demisioner kepengurusan Syamsuar selama 10 bulan. Wawako Payakumbuh bersama Anggota DPRD Edward DF menyerahkan SK kepengurusan 2015-2020.

Kelompok Lansia yang dibina oleh Dinas Sosial, Kadis Sosial Idris terlihat hadir dan mengawal kegiatan di Gedung Karang Werda Sehat Sejahtera Payakumbuh di Padang Tangah Payobadar Rabu (29/4). Dimoderatori tokoh masyarakat Payakumbuh Helmi, kegiatan pengukuhan pengurus Kelompok Lansia Payakumbuh itu berlangsung hangat.

Usai prosesi penyerahan SK, Syamsuar langsung memimpin sebuah tembang kenangan ”Aku Jatuh Cinta,” populer oleh Broery Marantika. Suara merdu Syamsuar, diiringi suara emas Suwandel Mukhtar, Edward DF, serta seluruh peserta meriuhkan ruangan sederhana milik Kelompok Lansia Payakumbuh yang kini beranggotakan 16.800 orang itu.

”Secara harfiah, Lansia harus mendapatkan pelayanan telaten dan terbaik dari pemerintah. Dinas Sosial yang membidangi Lansia pun harus punya karakter mampu membaca keinginan dan persoalan Lansia dengan baik,” ujar Edward DF setelah pengukuhan kepengurusan.

Sementara itu, menyampaikan kesan dan pesannya, Wawako Suwandel Mukhtar mengatakan bahwa angka harapan hidup di Kota Payakumbuh kini sudah meninggi. Angka harapan hidup ini bahkan tertinggi di Sumbar. Suwandel Mukhtar bercerita tentang perjalannya ke Negara Timor Leste bersama para perwakilan Lansia se-Indonesia.

”Perjalanan kami sangat melelahkan. Atambua di NTT ke Timor Leste setelah melewati imigrasi kami tempuh 12 jam perjalanan. Bayangkan, di atas bus dengan jam perjalanan segitu. Namun, saya heran para perwakilan Lansia, ada yang sudah 84 tahun usianya, turun dengan segar-bugar. Masih mampu berjalan jauh,” ujar Suwandel Mukhtar.

Makanya, segera dalam waktu dekat, Suwandel Mukhtar bersama Edward DF yang juga Ketua LPM di kelurahan setempat, bertekad akan membuka klinik terbuka cek kesehatan di Payakumbuh. Bantuan dari Dinas Kesehatan akan sangat diharapkan agar cek kesehatan para Lansia ini berjalan dengan baik.

Dilaporkan dr Iskandar, bahwa di kecamatan pun sudah aktif Kelompok Lansia Kecamatan. Di tingkat Kota Payakumbuh, dengan dukungan Pemko dan DPRD disandarkan pada Undang-Undang No 13 th 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia diharapkan mendukung kegiatan para Lansia.

”Kami meminta kepada pemerintah agar juga memberikan peran andil dalam setiap kegiatan yang kami lakukan. Sebab, kegiatan kami lakukan agar para Lansia di Payakumbuh ikut mendapat tempat dan tetap menjadi soko guru pembangunan,” ujar dr. Iskandar.(Nura/Dd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s