Ranperda Pengabungan Kelurahan Sudah Disepakati Masyarakat

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menyebutkan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pembentukan, penghapusan dan penggabungan kelurahan dalam Kota Payakumbuh adalah penggabungan beberapa Kelurahan.

“Karena itu, bagian kelurahan bersandingan atau pemekaran dari satu kelurahan menjadi dua kelurahan atau lebih atau pembentukan kelurahan di luar kelurahan yang telah ada, “sebut Walikota Riza Falepi ketika menyampaikan nota penjelasan 9 ranperda kota Payakumbuh pada rapat paripurna DPRD Kota Payakumbuh, Jum’at (23/1).

Dikatakannya, khusus untuk ranperda tersebut terdiri dari 5  buah ranperda diantaranya rancangan Perda tentang pembentukan kelurahan padangtangah Balainanduo, kelurahan ini merupakan gabungan dari kelurahan Padang Tangah dan Balai Nan Duo.

Seterusnya, ranperda tentang pembentukan kelurahan Padangdata Tanahmati. Kelurahan ini merupakan gabungan dari kelurahan Padang Data dan Tanah Mati. Ranperda tentang Pembentukan Kelurahan Tanjunggadang Sungaipinago. Kelurahan ini merupakan gabungan dari kelurahan Tanjung Gadang dan Sungai Pinago. Semua kelurahan tersebut terletak di Kecamatan Payakumbuh Barat.

Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembentukan Kelurahan Tigo Koto Diate. Kelurahan ini merupakan gabungan dari kelurahan Cubadak Air, Padang Kaduduak, Tarok yang terletak di Kecamatan Payakumbuh Utara.

Ranperda tentang pembentukan kelurahan Aua Kuniang. Kelurahan ini merupakan gabungan dari kelurahan Aur Kuning dan Sawah Padang yang terletak di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Kelima ranperda ini, secara umum substansinya, semua materi yang diatur dalam ranperda pembentukan kelurahan sama,  sesuai amanat Permendagri Nomor 31 Tahun 2006 tentang pembentukan, penghapusan dan penggabungan kelurahan dan  Perda Kota Payakumbuh Nomor 7 Tahun 2013 tentang pembentukan, penghapusan dan penggabungan kelurahan dalam Kota Payakumbuh.

Pembentukan Kelurahan ini sudah disepakati oleh masyarakat kelurahan yang digabung yang ditandai dengan adanya berita acara kesepakatan bersama oleh masyarakat itu sendiri.

Dengan adanya pembentukan kelurahan ini maka secara simultan ketersediaan sarana dan prasarana untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan kelurahan akan memadai seperti jumlah personil yang cukup di setiap kelurahan.

Jumlah dana operasional yang memadai serta bangunan kantor lurah yang representatif disetiap kelurahan. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya kinerja aparat pemerintahan kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh.

“Pembentukan kelurahan ini bertujuan untuk melaksanakan fungsi pemerintahan secara optimal, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mengembangkan potensi wilayah kelurahan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, “ujar Walikota. (Nura/SA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s