Perda KTR Menjadi Pidana Kurungan

Peraturan Daerah (Perda), tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) telah ada sejak tahun 2011, namun belum dapat diberlakukan secara efektif. Hal ini disebabkan karena dalam sanksi Perda tersebut termuat dalam Pasal 10 ayat 2 adalah pidana penjara paling lama 6 bulan.

Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Pasal 15 ayat 2, menyatakan bahwa ketentuan pidana dalam Perda berupa ancaman pidana kurungan paling lama 6 bulan.

“Oleh sebab itu, pidana penjara yang termaktub dalam pasal 10 ayat 2 Perda Nomor 15 tahun 2011 perlu disesuaikan menjadi pidana kurungan. Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan Perda Nomor 15 tahun 2011 tentang KTR dapat ditegakkan dan dilaksanakan, “ujar Walikota Payakumbuh Riza Falepi ketika menyampaikan nota penjelasan 9 ranperda di kantor DPRD setempat, baru-baru ini.

Ditempat terpisah, salah seorang masyarakat Kota Payakumbuh, Setia Budi.SH.MH, di Payakumbuh, Jum’at (30/1), menyebutkan, Perda KTR tersebut dapat diindahkan, jika semua masyarakat termasuk kepada dinas, badan dan kantor serta direktur RSUD Dr.Adnaan WD Payakumbuh, harus komit

Contohnya, kata Budi, di rumah sakit, kita lihat direktur dan beberapa karyawannya, masih merokok pada jam dinas, meskipun mereka ngebul mencari tempat persembunyian.

“Ibarat pepatah, kita dapat melarang dan mengajak orang, harus kita mulai dari diri kita sendiri. Menyuruh anak sholat, kita harus bersama-sama sholat, baru mereka mengikutinya, begitupulah hendaknya di rumah sakit. Maka dari itu kita sangat setuju Perda tersebut direvisi menjadi pidana kurungan, “ujar Budi.(Nura/SA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s