SMKN 4 Pelopor Sekolah Berbasis Teknologi Terdepan di Sumbar

Pembangunan SMKN 4, dengan dana sebanyak Rp2,7 M di kelurahan Padang Sikabu Kec. Lamposi Tigo Nagori harus benar-benar dipersiapkan secara matang. Baik itu aspek perencanaan maupun aspek pembiayaannya.

“Karena SMKN 4 adalah khusus bidang IT, maka Fraksi PAN berharap SMKN 4 adalah pelopor sekolah berbasis teknologi terdepan di Sumatera Barat. Adanya bantuan Rp 2,5 M untuk sekolah- sekolah swasta bertambah maju dan berkembang, “ujar juru bicara F-PAN Chandra Setipon ketika menyampaikan pendapat fraksi-fraksi terhadap RAPBD 2014 di aula kantor DPRD setempat, Selasa (4/11).

Meskipun demikian, F-PAN menyarankan untuk masa yang akan datang adanya pemerataan diantara sekolah swasta. Sekolah dasar negeri banyak yang perlu dibantu terutama sekolah dasar pinggiran.

“Dan tak lupa pula kita perhatikan keberadaan sekolah di bawah naungan Depag. Walaupun sekolah ini di bawah Depag (lembaga Vertikal) harus juga kita perhatikan. Untuk itu sama- sama kita carikan payung hukumnya, agar tidak menyalahi ketentuan, “jelas Chandra Setipon.

Dalam APBD perubahan 2014 dianggarkan sertifikat tanah SMAN 5 sebanyak Rp50 juta, kami menyarankan, agar  aspek kehati-hatian lebih dikedepankan. Sebab masalah tanah ini sangat rawan dan menimbulkan masalah dikemudian hari, seperti tanah Kantor Camat Payakumbuh Selatan.

“Masalah buku kurikulum pendidikan tahun 2013 yang belum juga sampai ke Payakumbuh, tentu perlu dipertanyakan. Sementara pengadaannya dari bulan Mei 2014, “ulas Chandra Setipon lagi.

Pergeseran anggaran di Dinas Kesehatan salah satunya adalah dijadikan Puskesmas sebagai BLUD tersendiri. Puskesmas yang ada di kota Payakumbuh, bisa mengelola keuangan sendiri. Dengan telah menjadi BLUD, fraksi PAN mengharapkan pelayana di Puskesmas-pukesmas lebih prima dan lebih profesional.

Di perubahan ini ada kenaikan Pendapatan RSUD Adnaan WD sebesar Rp1,5 Miliar. Kami berharap kenaikan PAD juga dibarengi dengan kenaikan pelayanan. Apalagi perolehan ini adanya pengadaan 1 unit ambulance. Kami menayarankan secara periodik, laporan BLUD RSUD Adnaan WD dilaporkan ke komisi C.

Penambahan dana pada Dinas Tata Ruang dan Kebersihan sebesar Rp. 1.679.168.000,- adalah untuk pembelian mobil 3 unit dan becak motor pengangkutan sampah. Fraksi PAN berharap dengan penambahan armada ini, masalah persampahan di Kota Payakumbuh semakin baik.

“Kita lihat dengan adanya becak motor bisa langsung masuk ke gang-gang sempit dan perumahan masyarakat. Saat ini tenaga harian lepas 230 orang, jam kerja 2 shift. Mungkin di tahun depan sudah harus kita pikirkan untuk menambah THL ini. THL ini bisa kembali mendapatkan dana BAZ, “ulas Chandra Setipon. (Nura/Dav)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s