Kegiatan Padat Karya Mengangkat Pengangguran

Berbicara soal pembangunan di Kota Payakumbuh, sebetulnya, tidak hanya bertumpu di dinas Pekerjaan Umum (PU) semata, melainkan dibeberapa SKPD juga ada program pembangun seperti di dinas Sosial dan Naker, Pertanian, Perikanan, Pendidikan, dinas Kesehatan dan sebagainya.

“Contohnya, di dinas Sosial dan Naker, sudah dua tahun berturut-turut kota Payakumbuh mendapat suntikan dana dari kegiatan padat karya (membuka jalan baru), dengan program penempatan dan perluasan kesempatan kerja, “ujar ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra Dt. Parmato Alam.

Dikatakan, kegiatan pembukaan jalan baru di dinas Sosial dan Naker itu pada tahun 2013 dilaksanakan pembukaan jalan baru di kelurahan Padang Tinggi-menuju kelurahan Piliang kecamatan Payakumbuh Barat.

Kemudian pada tahun 2014 ini, kota Payakumhuh berhasil mengondol dua paket pembukaan jalan baru dilokasikan di kelurahan Koto baru Balai Janggo menuju kelurahan Balai Baru, kecamatan Payakumbuh Utara.

Setelah itu, dilaksanakan pembukaan jalan baru di kelurahan Koto Panjang Dalam menuju kelurahan Sungai Durian. Yang saat ini pengerjaannya sedang berlangsung. “Berjalannya program dinas Sosial dan Naker itu, tergantung atas kesepakatan masyarakat dalam pembebasan tanah, “ujar YB. Dt. Parmato Alam.

Kemudian, ditempat terpisah, Kepala dinas Sosial dan Naker kota Payakumbuh, Yummardius kepada wartawan di Payakumbuh, Minggu (9/11), mengatakan, kegiatan padat karya ini memang ada setiap tahunnya. Maka, ditahun 2015 mendatang kita akan berusaha lagi ke pusat untuk menjemput dananya.

Yang terpenting, program untuk mengangkat pengangguran ini, tergantung kepada kesepakatan masyarakat terhadap pembebasan tanah. Seperti yang telah kita laksanakan di tiga lokasi yakni kelurahan Padang Tinggi-Piliang, kelurahan Koto Baru Balai Janggo-Koto Baru dan Koto Panjang Dalam-Sungai Durian.

“Pada tahun 2013 lalu, kegiatan padat karya yang kita lakukan di kelurahan Padang Tinggi- Piliang menghabis dana sebesar Rp260 juta. Kemudian, di kelurahan Koto Baru Balai Janggo-Balai Baru menelan dana sebanyak lebih kurang Rp550 juta dan di kelurahan Koto Panjang Dalam sebesar Rp253 juta,”ujar Yummardius.(Nura/Dav)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s