Eksekutif dan Legislatif Mempunyai Kedudukan yang Sama

KITA dihadapkan kepada tuntutan pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat secara lebih layak, kerawanan bencana, stabilitas keamanan, serta keharusan dalam menjaga kearifan lokal sebagai ciri khas daerah yang menjadi landasan pelaksanaan otonomi daerah.
“Dengan segala kondisi tersebut, maka hubungan kemitraan antara DPRD dan pemerintah daerah yang penuh rasa kebersamaan, harmonis merupakan kunci bagi pencapaian tujuan kemajuan masyarakat dan kota payakumbuh yang adil dan merata, “sebut Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya ketika acara pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Payakumbuh di alua kantor DPRD setempat, Rabu (14/10).

Peresmian pimpinan DPRD kota Payakumbuh merupakan kewajiban konstitusional sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang majelis permusyawaratan rakyat, dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah dan dewan perwakilan rakyat daerah.

“Untuk itu, selamat kepada Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, Suparman, dan Wilman Singkuan yang baru saja diambil sumpahnya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD kota Payakumbuh masa jabatan 2014-2019, “ulas Walikota Riza Falepi.

Pimpinan DPRD kota Payakumbuh masa jabatan 2014-2019 telah dipilih melalui rapat paripurna DPRD yang dilaksanakan pada tanggal 29 September dan 06 oktober 2014 yang ditetapkan dengan keputusan gubernur Sumatera Barat Nomor 171-761-2014 tanggal 08 Oktober 2014 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD kota Payakumbuh masa jabatan 2014-2019.

Kita semua tentu saja berharap, dengan telah dilantiknya unsur pimpinan ini, akan lebih meningkatkan kinerja DPRD sebagai institusi demokrasi dan mitra setara bagi pemerintah kota Payakumbuh dalam melaksanakan pembangunan.

Setara, dalam artian bahwa antara eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang sama dan sejajar sehingga tidak saling membawahi satu sama lain. Eksekutif dan legislatif juga memiliki hubungan kemitraan, dimana keduanya bukan lah lawan atau pesaing dalam melaksanakan fungsi masing-masing.

Dijelaskan Wako Riza Falepi, eksekutif dan legislatif merupakan hubungan kerja yang saling mendukung satu sama lainnya sebagaimana yang telah diamanatkan oleh berbagai peraturan perundang-undangan yang mengaturnya.

Untuk itu, kami memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah terbangun antara pemerintah daerah dan DPRD kota Payakumbuh selama ini, yang secara nyata telah mampu menyelesaikan berbagai permasalahan di kota Payakumbuh melalui serangkaian aktivitas dan kebijakan pembangunan yang terencana dan terlaksana secara sinergi diantara semua pihak.

“Kami berharap, agar kebersamaan yang telah ditunjukkan selama ini mampu ditingkatkan oleh pemerintah kota Payakumbuh dengan DPRD dengan kepemimpinan yang baru dilantik, agar tujuan pemerintahan yang sama-sama kita cita-citakan dapat tercapai, “harap Wako Riza Falepi.(Davit/Nura)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s