PENYULUH SEBAGAI UJUNG TOMBAK KINERJA DINAS PERTANIAN

Memasuki hari pertama pembahasan KUA PPAS sebagai dasar penyusunan APBD tahun 2014, Komisi B DPRD Kota Payakumbuh mengawali rapat kerja dengan Dinas Pertanian. Rapat Kerja yang dihadiri lengkap oleh semua anggota Komisi B tersebut dipimpin oleh Tri Venindra, SE. Sedangkan dari Dinas Pertanian diikuti oleh Kadis Ir.Mediar Indra, M.Si serta para Kepala Bidang.

Untuk menjalankan tupoksinya, pada tahun 2014 Dinas Pertanian Kota Payakumbuh mengajukan sebanyak dua puluh tujuh program dan empat puluh delapan kegiatan. Perkiraan anggaran sementara yang dibutuhkan untuk mendukung program dan kegiatan dimaksud menurut Kadis Pertanian Mediar Indra adalah sebesar Rp.18, 5 Milyar. Akan tetapi Pagu sementara yang diajukan ke DPRD yang baru tertampung sebesar 12 milyar. Hal tersebut disebabkan karena dalam KUA PPAS jumlah Dana Alokasi Khusus (DAK) belum ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, sedangkan dalam penyusunan program dan kegiatan sudah kita rangkum seluruhnya baik dari dana DAU maupun DAK.

Disamping itu, Mediar Indra juga juga mengungkapkan bahwa sesuai dengan Ranperda pemisahan Dinas Pertanian dengan Dinas Perternakan yang telah disetujui oleh DPRD beberapa waktu yang lalu, maka pengajuan anggaran tersebut sudah merupakan perencanaan untuk dua SKPD dimaksud.

Pada kesempatan itu, Komisi B yang dipandu oleh Tri Venindra meminta Dinas Pertaniaan agar memperhatikan kesinambungan program dan kegiatan yang dibuat sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kota sampai Tahun 2017. Disamping itu ke depan Dinas Pertanian diharapkan lebih memberdayakan Penyuluh yang ada baik penyuluh pertanian, peternakan maupun perikanan. Para penyuluh dimaksud merupakan ujung tombak pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani.(dev/sy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s