KOTA PAYAKUMBUH BUTUH TEMPAT PEMAKAMAN UMUM (TPU)

Masyarakat Kota Payakumbuh disamping merupakan masyakarat asli tentu juga banyak yang berasal dari berbagai daerah lainnya. Sebagian masyarakat asli dan para pendatang ada yang tidak mempunyai tanah di Payakumbuh atau memiliki tanah tapi hanya untuk sekedar perumahan tempat tinggal.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka sudah diperlukan ada Tempat Pemakaman Umum (TPU), sehingga masyarakat bisa terjamin dimana mereka nanti akan dimakamkan setelah meninggal.

Sebenarnya di Kota Payakumbuh, sudah ada beberapa kelurahan yang mempunyai pandam pekuburan, namun kebanyakan milik kaum, paguyuban maupun keluarga. Ditambah lagi, kondisinya saat ini diantara lahan tersebut banyak yang sudah atau hampir penuh, apalagi untuk lima atau sepeluh tahun yang akan datang

Komisi C DPRD Kota Payakumbuh menyampaikan bahwa kebutuhan adanya Tempat Pemakaman Umum (TPU) merupakan hal yang sangat penting untuk diwujudkan. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui Rapat Kerja pembahasan KUA-PPAS 2014 dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja hari Kamis (15/08) Komisi C yang dipimpin oleh YA. Dt. Parmato Alam merekomendasikan agar rencana pengadaan tanah untuk mendukung kebutuhan ini diajukan dalam Anggaran tahun 2014.

Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Ir. Antoni Jaya menjelaskan kepada anggota Komisi C, bahwa anggaran untuk TPU tahun 2014 telah diajukan, tapi karena keterbatasan plafon anggaran kita baru mengajukan sebesar Rp.230 juta.

Anggota Komisi C DPRD Kota Payakumbuh Aribus Madri, B.Ac, menanggapi  “Seharusnya Dinas Sosial dan Tenaga Kerja melakukan perencanaan pengadaan tanah TPU ini dengan matang, tidak sekedar memplot anggaran, namun harus ada terlebih dahulu survey lokasi dan survey harga serta identifikasi kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk hal ini bahkan sampai pembuatan sertifikasi dari tanah tersebut perlu direncanakan, sehingga jelas berapa pagu anggaran real  yang sebenarnya dibutuhkan.

Apabila untuk saat ini anggaranya belum dapat dialokasikan, minimal untuk Pengadaan TPU ini perencanaan dan anggarannya sudah menjadi Blue Print dalam APBD yang datang. (dev/sy)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s