WALIKOTA TANGGAPI PANDANGAN FRAKSI

Payakumbuh, (22/07)

Menanggapi pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap  Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2012 yang disampaikan hari Kamis pada minggu yang lalu, Walikota Payakumbuh yang hadir langsung bersama Wakil Walikota Drs. Suwandel Mukhtar, MM menyampaikan jawabannya kepada para wakil rakyat dalam Rapat Paripurna yang berlangsung Senin (22/07) di gedung DPRD setempat.

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Wilman Singkuan, S.Sos, MM tersebut dihadiri oleh sebagian besar anggota DPRD, para Muspida serta pimpinan SKPD se Kota Payakumbuh.

Pertanyaan setiap Fraksi yang disampaikan dalam pandangan umum secara rinci dijawab oleh Walikota. Beberapa Fraksi sebelumnya menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan langkah-langkah meraih WTP, pendapatan daerah yang belum maksimal, pemanfaatan Kantor Walikota, efektifitas dana BLUD dan pembangunan bandara.

Untuk meraih WTP pada pasa yang akan datang, dijawab Walikota dengan melakukan langkah-langkah diantaranya dengan melakukan iventarisasi temuan-temuan pemeriksa dan menindak lanjutinya, memperbaiki kesalahan-kesalahan walaupun belum menjadi temuan, tidak mengulangi kesalahan yang sama serta menghidari adanya kesalahan yang baru. Disamping itu juga akan dibentuk Pokja khusus yang diharapkan nanti dapat bekerja maksimal sehingga opini WTP dapat tercapai.

Berkaitan dengan masih rendahnya pendapatan daerah di rumah potong hewan, hal tersebut disebabkan sarana dan prasarana pasar ternak di lokasi baru Kelurahan Koto  Panjang Payobasung belum memadai diantaranya los penempatan ternak besar dan kecil belum ada, parkir yang belum memadai serta los tempat berjualan yang belum ada.

Sedangkan pajak yang realisasinya melampui target adalah Pajak penerangan jalan, pajak hotel, pajak hiburan, pajak reklame dan pajak mineral. Retribusi yang mempunyai kontribusi yang besar terhadap PAD adalah Penjualan Produksi Usaha Daerah diantaranya retribusi pelayanan kesehatan, pengujian kendaraan bermotor, pemakaian kekayaan daerah dan beberapa retribusi lainnya. Kedepan juga akan dilakukan terobosan-terobosan baru.

Kantor Walikota Payakumbuh yang hampir rampung pembangunan, tetap akan dilanjutkan. Gedung baru tersebut akan dimanfaatkan dan dioperasionalkan  sesuai rencana. Evaluasi menyeluruh baik teknis dan kebijakan serta analisa kebutuhan ruangan dilakukan sehingga diperkirakan tahun 2014 gedung yang berlokasi di bekas lapangan poliko tersebut sudah bisa ditempati.

Keberadaan dana BLUD yang juga dipertanyakan efektifitasnya oleh Fraksi PAN dan PPP ditanggapi oleh Walikota bahwa kedepan akan dilakukan sistem penyaluran yang lebih efektif dan efisien. Pengalihan pengelolaan dana bergulir dari Sekretariat Daerah menjadi UPTD di bawah DPPKA juga diharapkan dapat menjawab kelemahan dalam pengelolaan dana tersebut, tentunya dengan menyusun kebijakan baik juklak, juknis, SOP, penunjukan asuransi  dan aturan lainnya.

Terhadap tunggakan dana macet akan dilakukan teguran dan peringatan secara bertahap namun apabila langkah tersebut belum berhasil baru dilakukan tindakan hukum dengan melakukan pelelangan agunan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Mengenai tindak lanjut pembangunan bandara yang disebut-sebut akan bekerja sama dengan Pemerintah Kab. Lima puluh Kota yang dipertanyakan oleh Fraksi Demokrat juga ditanggapi oleh Walikota. Dijelaskannya bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Payakumbuh dan Pemkab Lima Puluh Kota sepakat akan membangun Bandar udara di daerah Kubang Balambak Lima Puluh Kota dan lokasi alternativnya di Piobang dan Talawi.

Nota Kesepahaman antar daerah akan segera dibuat, begitu juga Tim teknis, merivisi RT/RW serta masing-masing pemerintah daerah berkewajiban meminta persetujuan DPRD terhadap Nota kesepahaman yang akan disusun tersebut.(dev/sy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s