DPRD AMBIL KEPUTUSAN TERHADAP RANPERDA PERTANGGUNG JAWABAN APBD 2012

Setelah melalui pembahasan Komisi – Komisi, dilanjutkan dengan pendapat Fraksi, akhirnya DPRD Kota Payakumbuh menyampaikan Keputusan terhadap Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2012 pada hari Senin (29/07) di Aula DPRD setempat.

Di awali dengan Rapat Paripurna Internal pada paginya yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sudirman Rusma, masing-masing Fraksi yang telah merangkum pembahasannya, menyampaikan pendapat kepada Pimpinan DPRD. Seluruh Fraksi-Fraksi dapat menerima Ranperda Pertanggung Jawaban Walikota terhadap Pelaksanaan APBD Tahun 2012 untuk selanjutnya dijadikan Peraturan Daerah.

Kalaupun secara umum, semua Fraksi dapat menerima Pertangung Jawaban Pelaksanaan APBD tahun 2012, namun sebagian Fraksi tetap memberikan catatan untuk jadi perhatian dan perbaikan terhadap kinerja pemerintah kedepan. Catatan yang disampaikan Fraksi diantara tetap mengkritisi berkaitan dengan dana silpa yang cukup besar. Hal ini dinilai karena masih lemahnya fungsi perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan.

Disamping itu juga berkaitan dengan potensi Pendapatan Asli Daerah yang belum tergali dan terkelola secara maksimal baik berupa pajak maupun retribusi, sehingga mengurangi jumlah pendapatan tahunan daerah. Begitu juga dengan aset  daerah yang belum terkelola dengan baik, sehingga hal tersebut terus menjadi temuan pemeriksaan oleh BPK RI setiap tahun.

Agak berbeda dengan Fraksi lainnya, Fraksi Golkar dengan juru bicaranya Abdul Khair menyampaikan beberapa catatan tambahan untuk menjadi perhatian pemerintah diantaranya Pengawasan proyek phisik perlu ditingkatkan agar proyek lebih berkualitas, kunjungan Tim Ramadhan yang tidak lagi membawa bantuan dana langsung kepada masjid, perlunya peningkatan anggaran untuk pembinaan adat serta mutasi pegawai yang harus mengacu kepada aturan dan pertimbangan pangkat dan jabatan.(dev/sy)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s