PARIPURNA, MASA SIDANG DAN RESES KETIGA DITUTUP

SIDANG PARIPURNA DPRD 3-12-13

Tahun 2013, DPRD Kota Payakumbuh akan memasuki masa sidang dan masa reses pertama yang berlangsung bulan Januari-30 April. DPRD Kota Payakumbuh gelar rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD H. Suhaimi Birran BA dan anggota dewan di aula DPRD Jl. Soekarno Hatta No.173, Kamis (3/1). Juga dihadiri, Wawako Payakumbuh  H. Suwandel Muchtar, MM, Asisten, Muspida, SKPD dan Wartawan.  Dalam rapat tersebut disampaikan sepanjang empat bulan, September-Desember 2012  DPRD telah melakukan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan.

Sekretaris DPRD Drs. Atus Satria, dalam laporan yang disampaikannya, menyebutkan selama masa sidang dan masa reses ketiga seluruh anggota DPRD kota Payakumbuh telah melakukan berbagai kegitan yang meliputi kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi dan luar provinsi, konsultasi ke tingkat atas, serta sejumlah produk yang telah dihasilkan/ disahkan serta kegiatan lainnya.

Kegiatan rapat-rapat meliputi rapat paripurna, rapat Banggar dengan TAPD masing-masing 12 kali serta 11 kali rapat internal DPRD. Sedangkan rapat komisi A dan C dengan mitra kerja masing-masing 7 kali, Komisi B melakukan rapat yang sama 9 kali. Kemudian rapat kerja DPRD dan rapat paripurna internal DPRD masing-masing 7 kali serta rapat fraksi –fraksi masing-masing 8 kali. Untuk hearing, komisi A dan Pansus I masing-masing 2 kali, Komisi C melakukan hearing 1 kali. Sepanjang empat bulan itu, rapat Pimpinan diperluas dilaksanakan 1 kali. Sedangkan rapat Badan Musyawarah dan rapat Balegda masing-masing 2 kali dan 3 kali rapat paripurna istimewa.

Kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi, Pansus I dan II masing –masing 1 kali, dimana unsur eksekutif di jajaran pemko diikutsertakan dalam kunjugan kerja tersebut. Selain itu,  alat kelengkapan, Badan Musyawarah, dan Badan Anggaran DPRD juga melakukan konsultasi ke tingkat atas.

Selain itu, dikatakan Atur,  selama Masa Sidang dan Masa Reses Ketiga DPRD Kota Payakumbuh tersebut,  produk yang telah dihasilkan berupa tujuh Peraturan Daerah (Perda), sembilan keputusan dewan dan dua keputusan pimpinan. Tujuh buah Perda tersebut tentang  perda perubahan APBD Kota Payakumbuh TA 2012, APBD Kota Payakumbuh TA. 2013, Pajak Bumi dan bangunan Perdesaan dan Perkotaan Kota Payakumbuh, Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan hidup, perusahaan daerah air minum Kota Payakumbuh, perubahan kedua atas Perda No.3 tahun 2008 tentang Organisasi dan tata kerja dinas di lingkungan Pemkot Payakumbuh (DPPKA, Dinas Sosnaker), Organisasi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kota Payakumbuh.

Dalam rangka peningkatan kapasitas dewan, juga dilakukan kegiatan bimbingan teknis dan workshop di luar daerah luar provinsi Sumatera Barat. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan anggota dewan. Pimpinan dewan sudah menjalaninya masing-masing pimpinan 4 kali dan 3 kali masing-masing anggota. Disamping itu, pimpinan dan anggota juga memiliki agenda menghadiri undangan-undangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota, Kecamatan, Kelurahan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya serta menerima Kunjungan Kerja DPRD dari Daerah lainnya. (Fit/Bt)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s