SETUJU DENGAN CATATAN, RAPBD-P JADI PERDA APBD TA 2012 KOTA PAYAKUMBUH

Fraksi-fraksi  DPRD Kota Payakumbuh  setuju  Ranperda APBD-P TA 2012 menjadi Perda APBD –P TA 2012 dengan catatan penting untuk diperhatikan, dipedomani dan ditindaklanjuti oleh Walikota Payakumbuh. Hal ini disampaikan Jubir DPRD Aribus Madri B.Ac, dalam rangka pengambilan  keputusan  terhadap APBD-P TA 2012 dan penandatanganan PABD-P Kota Payakumbuh, didahului penyampaian laporan pembicaraan Tingkat II, Selasa (9/10) di Aula DPRD Jl. Soekarno Hatta No. 173.

Acara langsung dipimpin Ketua DPRD, Wilman Singkuan S.Sos.MM dan didampingi Wakil H. Sudirman Rusma dan H. Suhaimi Birran BA beserta Anggota Dewan. Selain itu, juga dihadiri Walikota H.Riza Falepi ST.MM, Muspida , Asisten, SKPD dan para Wartawan.

Aribus  menjelaskan , pada perubahan terjadi kenaikkan PAD sebesar  Rp. 17.509.983.363 dari APBD Awal Rp. 454.838.579.240 atau naik 3,63%. Belanja daerah, juga naik sebesar Rp. 22.033.105.991 atau naik 4,57% dari APBD awal. Sementara, penerimaan pembiayaan daerah naik sebesar Rp. 5.084.122.628 dan pengeluaran pembiayaan  naik  sebesar Rp.561.000.000 dari APBD awal 5.134.500.000.“Pada Perubahan APBD TA  2012, ada beberapa kegiatan yang anggarannya sepakat ditambah,dan dikurangi”, ujarnya.

Kelima Fraksi DPRD, Fraksi Demokrat, Gorkar, PAN, PKS, PPP dan BPR setuju ranperda APBD-P TA 2012 menjadi Perda APBD –P TA 2012 Kota Payakumbuh, dengan catatan berupa saran dan masukan.

Salah satu saran Fraksi Demokrat, dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Propinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan bulan Desember 2012 di Kabupaten Lima Puluh Kota, perlu persiapan dan perencanaan yang cukup, guna tercapainya sasaran dan target yang diharapkan, untuk itu dorongan dan pengawasan segala pihak diperlukan, dimana milyaran dana APBD yang terserap untuk kegiatan tersebut yang harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat.

Aribus menjelaskan, salah saran Fraksi Golkar, adanya tambahan anggaran harus dibarengi dengan peningkatan produktifitas seperti peningkatan pembangunan, peningkatan kualitas kerja, peningkatan kualitas aparatur dan peningkatan pelayanan. “Serta dalam membelanjakan uang kita tetap mempedomani prinsip 3 E : Efektif, Efisien, dan Ekonomis” jelasnya

 

Fraksi PAN, masalah PAD diharapkan kepada Pemerintah Daerah agar dapat memaksimalkan penerimaan pendapatan baik itu dari sektor, pajak daerah, retribusi daerah atau dari penerimaan lainnya. Selain itu, pada kegiatan pengadaan dan pemeliharaan lampu jalan,  agar bisa dilaksanakan semaksimal mungkin karena masih banyak ruas jalan yang belum ada lampu jalan dan juga jalan- jalan lingkungan yang gelap.

 

Sementara itu, saran Fraksi PKS, Anggaran yang diorientasikan bagi bantuan pemberdayaan ekonomi rakyat untuk kepentingan rakyat, karena APBD adalah uang rakyat kiranya dapat segera direalisasikan. Fraksi PPP menyarankan,  pada Kantor Perhubunga, dalam Penataan Pengelolaan Pungutan Retribusi Parkir untuk dapat dimaksimalkan, dan pada Dewan pendidikan diharapkan untuk lebih professional di bidangnya serta Penambahan anggarannya untuk pelunasan kekurangan anggaran gedung kantor Balaikota  disesuaikan dengan kontrak dan aturan yang berlaku.

 

Aribus menjelaskan, salah satu saran Fraksi BPR tentang belanja daerah, mengkritisi pemangkasan angaran yang langsung bersentuhan dengan masyarakat banyak. “Kita semua berharap agar TAPD dan SOPD berhati- hati dalam hal pemangkasan anggaran yang langsung bersentuhan dengan masyarakat banyak” tambah Jubir DPRD, Aribus Madri, B.Ac.

 

Acara diakhiri penandatangan PABD-P Kota Payakumbuh TA 2012,Oleh Pihak Eksekutif diwakilkan H.Riza Falepi ST.MM, sedangkan dari pihak legislative Wilman Singkuan S.Sos.MM, H. Sudirman Rusma dan H. Suhaimi Birran BA.(Fit/Bt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s