DPRD PAYAKUMBUH GELAR PARIPURNA SAMPAIKAN KINERJA MASA SIDANG KEDUA 2012

DPRD Kota Payakumbuh, gelar rapat paripurna yang bertemakan penutupan masa sidang dan Masa reses kedua dan pembukaan masa sidang dan masa reses kertiga. Sepanjang empat bulan, Mei –Agustus 2012 kinerja dewan dipaparkan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Wilman Singkuan S.Sos MM didampingi wakil ketua H. Suhaimi Birran BA beserta anggota dewan di aula DPRD Jl. Soekarno Hatta No.173, Senin (3/9). Juga dihadiri, Asisten, Muspida, SKPD dan Wartawan.

Selama masa sidang dan reses kedua DPRD 2012, dilaporkan Sekretaris Dewan Drs. Atur Satria, berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Meliputi kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi dan luar provinsi, konsultasi ke tingkat atas, serta sejumlah produk yang telah dihasilkan/ disahkan serta kegiatan lainnya.

Kegiatan rapat-rapat meliput rapat kerja Komisi A dan C dengan mitra kerja masing-masing 10 kali. Sedangkan, Komisi B melakukan rapat yang sama 8 kali. Kemudian,Rapat Komisi B dan C masing-masing 2 kali, dan komisi A sebanyak 1 kali. Sedangkan rapat paripurna dilaksanakan sebanyak 9 kali. Untuk rapat Banggar dengan TAPD dan rapat paripurna Internal DPRD masing-masing 5 kali. Serta rapat badan Musyawarah, Rapat Kerja DPRD dengan TAPD masing-masing 3 kali.

Sepanjang empat bulan itu, rapat Balegda dilaksanakan 1 kali. Jumlah yang sama juga dilakukan rapat Panitia Kerja dengan TAPD, Rapat Pansus I dan Pansus II. Rapat Paripurna Istimewa dilaksanakan 2 kali dan rapat kerja DPRD sebanyak 4 kali.

Kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi dan luar provinsi masing-masing komisi A, B dan C sebanyak 1 kali. Komisi A melakukan kunjungan kerja ke Pemko Pontianak dan Pemkab Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, Komisi ke Pemko Yogyakarta provinsi DIY dan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Serta Komisi C ke Pemkot Batam dan Pemkot Tanjung Pinang Provinsi Kepri. Dalam kunjungan kerja itu, disertakan unsur eksekutif di jajaran pemko. Selain itu, kunjungan kerja luar provinsi dilakukan panitia khusus I dan II DPRD  sebanyak 1 kali.

Sedangkan konsultasi ke tingkat atas dilakukan Komisi A, B, C serta Badan Kehormatan masing-masing 1 kali. Dilaporkan juga, selama Masa Sidang dan Masa Reses Kedua DPRD Kota Payakumbuh, produk yang telah dihasilkan masing-masing 3 Keputusan Dewan dan Keputusan Pimpinan. Tiga buah keputusan Pimpinan tentang pembentukan Panitia Kerja DPRD Kota Payakumbuh pembahasan LHP BPK hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemkot Payakumbuh Tahun 2012, tentang Pembentukan Panitia Khusus Pembahasan  5 buah Ranperda kota Payakumbuh dan tentang pelaksanaan reses kedua DPRD Kota Payakumbuh tahun 2012.

Dalam rangka peningkatan kapasitas dewan, juga dilakukan kegiatan bimbingan teknis dan workshop di luar daerah luar provinsi Sumatera Barat. Kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan anggota dewan. Pimpinan dewan sudah menjalaninya masing-masing pimpinan 4 kali dan 3 kali masing-masing anggota. Disamping itu, pimpinan dan anggota juga memiliki agenda menghadiri undangan-undangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota, Kecamatan, Kelurahan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya serta menerima Kunjungan Kerja DPRD dari Daerah lainnya.

Sebelum mengakhiri rapat Paripurna, Ketua DPRD Wilman Singkuan S.Sos mengatakan pada masa Sidang dan Masa Reses Ketiga DPRD Kota Payakumbuh Tahun 2012 yang akan berlangsung dari tanggal 3 September s/d 31 Desember 2012, Eksekutif telah menyampaikan beberapa ranperda yang perlu diagendakan dan secepatnya diselesaikan pembahasan pada Masa Sidang ketiga ini.

Lima ranperda yang sedang dibahas panitia Khusus, meliputi Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Perda no. 03 Thaun 2008 tentnag organisasi dan tata kerja Dinas dilingkungan Pemkot Payakumbuh, ranperda tentang Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi pamong praja Kota Payakumbuh, Ranperda tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup, ranperda tentang pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan perkantoran dan ranperda tentang perubahan perda 03 tahun 1986 tentang Pendirian PDAM Kota Payakumbuh.

Selian itu, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa Jabatan Walikota Payakumbuh tahun 2007-2012, rancangan perubahan APBD Kota Payakumbuh TA. 2012 serta rancangan APBD Kota Payakumbuh TA 2013.(Fit/Bt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s