DPRD KAB.SINGINGI BELAJAR KE DPRD KOTA PAYAKUMBUH

Beberapa Anggota DPRD Kabupaten Singingi Provinsi Riau melakukan Konsultasi ke DPRD Kota Payakumbuh untuk belajar tentang pemekaran Kecamatan di Payakumbuh, Senin (23/7). Rombongan ini berjumlah 6 personil dipimpin Wakil Ketua Pansus DPRD Singingi, Duski Mansyur S.Pd diterima Ketua DPRD Wilman Singkuan, S.Sos MM, Wakil Ketua DPRD H. Sudirman Rusma dan H. Suhaimi Birran BA serta sejumlah anggota di ruang utama DPRD.

“Kabupaten Singingi yang sekarang memiliki 12 Kecamatan akan dimekarkan menjadi 15 Kecamatan. Tapi, kami belum punya pengalaman membuat Ranperdanya. Untuk itu, kami datang ke Payakumbuh, guna bertukar informasi atau sharing tentang peraturan pemekaran Kecamatan yang dilakukan Kota ini, 2008 lalu serta meningkatkan hubungan silaturahim dengan DPRD Payakumbuh,” ujar Duski Mansyur S.Pd.

Selain itu, Duski Masyur S.Pd mengungkapkan,banyak hal yang perlu dipelajari di Kota Payakumbuh. “Pemko Payakumbuh tidak jauh beda dengan Singingi, karena itu kemajuan Payakumbuh akan kami pelajari dan aplikasikan ke depan, ungkap Duski

Ketua DPRD Wilman Singkuan S.Sos MM, selain mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pansus DPRD Singingi, mengaku senang bertemu dan bertukar ilmu atau sharing dengan setiap tamu yang datang.  Menurutnya, hal mendasar dalam pemekaran ini, kuatnya dukungan yang diberikan masyarakat untuk pemekaran Payakumbuh, dulunya terdiri 3 kecamatan yaitu Payakumbuh Timur, Barat dan Utara dengan 73 Kelurahan. Setelah dimekarkan, 2008 lalu menjadi lima Kecamatan dengan 76 Kelurahan.Dua Kecamatan baru adalah Kecamatan Lamposi Tigo Nagari dan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

H. Sudirman Rusma dan Nasril Suri menjelaskan sebelum Ranperda ditetapkan menjadi Perda Pemekaran Kecamatan, DPRD banyak melakukan rapat kerja dan hearing dengan tokoh dan elemen masyarakat.Sehingga dalam penetapan nama kecamatan dan kelurahan pemekaran tidak ada kendala.”Hal itu, sudah merupakan aspirasi dari masyarakat”ujar Nasril Suri.

H. Maharnis  Zul menambahkan hal terpenting dalam pemekaran kecamatan adalah landasan sosiologis dan fisiologisnya jelas serta apa keuntungan dari pemekaran itu untuk Kota Payakumbuh.

Kunjungan kerja itu, diakhiri dengan saling bertukar cendera mata kedua daerah yang diwakili Ketua DPRD Wilman Singkuan, S So MM, dan Wakil Ketua Pansus DPRD Singingi, Duski Mansyur. (Fit/Bt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s