Komisi C DPRD Kunjungi Dinas Tata Ruang dan Kebersihan

Komisi C DPRD Kota Payakumbuh mengagendakan kegiatan turun ke lapangan, Senin (12/3). Kali ini Komisi yang membidangi Pembangunan dan kesejahteraan Rakyat ini menjambangi Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Kota Payakumbuh. Ketua Komisi C Mustafa beserta anggota Ir. Efri, Aribus Madri, B Ac, Ir Zul Amri dan Erlindawati S Pd  serta didampinigi penasehat Komisi C H Suhaimi Birran, BA, disambut Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan Ir Musdik Agus dan Kepala Bidang Perencanaan Tata Ruang & Guna Lahan H Ismet Ibrahim, S St, M Si di ruang kerjanya.

Dalam kesempatan tersebut mengemuka permasalahan tentang tapal batas antara Kota Payakumbuh dengan Kabupaten Lima Puluh Kota, terutama di daerah Siapi-api. Terungkap juga ternyata patok yang jelas antara Kota Payakumbuh dengan Kabupaten Lima Puluh Kota di beberapa tempat belum jelas. “Batas –batas yang ada baru sebatas ordinat, batas fisik belum ada”, demikian dikatakan H Ismet brahim S St, M Si.

Permasalahan tapal batas ini seperti diungkapkan Ir Musdik Agus memang kerapkali terjadi di beberapa daerah. Untuk kota Payakumbuh pembicaraan batas wilayah yang cukup alot adalah di derah Siapi-api. “Pembicaraan tapal batas antara Pemko Payakumbuh dengan Pemkab Lima Puluh Kota telah sering dilakukan, namun sampai saat ini belum juga ada titik temunya”. Ungkap Kadis Tata Ruang dan Kebersihan ini.

Ketidakpastian tapal batas ini tentu saja akan membawa beragam masalah. Terutama masalah hak dan pelayanan terhadap masyarakat. Jika dibawa ke ranah politik hal ini akan berimbas terhadap jumlah suara atau hak pilih masyarakat didaerah tersebut.

Sekretaris Komisi C Ir Zul Amri mengatakan masalah seperti ini tetap harus diselesaikan. Kita tidak ingin terjadi permasalahan yang tidak diinginkan di masa datang. Menurutnya beruntung saat ini perbatasan antara Kota Payakumbuh dengan Kabupaten Lima Puluh Kota bukan daerah konflik.

Menurut H Ismet Ibrahim salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah meminta kepada propinsi untuk memfasilitasi kepastian letak tapal batas wilayah antara Kota Payakumbuh dengan Kabupaten Lima Puluh Kota. Untuk selanjutnya kedua daerah bisa menyepakati apa yang telah ditetapkan Propinsi.(yh/Bt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s