2011, DPRD PAYAKUMBUH TERLORKAN 26 PERDA

DPRD Kota Payakumbuh, gelar rapat paripurna pertama di Tahun 2012. Dengan agenda tunggal Penutupan Masa Sidang dan Masa Reses Ketiga tahun 2011 dan Pembukaan Masa Sidang dan Masa Reses Pertama DPRD Kota Payakumbuh Tahun 2012, di ruang utama DPRD, Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh, Selasa (3/1).

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Sudirman Rusma, didampingi Wakil Ketua DPRD H. Suhaimy Biran, BA, serta dihadiri Wakil Walikota H. Syamsul Bahri, Sekdako H. Irwandi, SH, anggota Muspida, pimpinan SOPD dan pimpinan parpol, LSM serta ormas.

Dalam rapat paripurna itu, apa yang dilakukan DPRD Payakumbuh sepanjang 2011, disampaikan Sekretaris DPRD Drs. Atur Satria. Wakil Ketua DPRD Sudirman Rusma, mengemukakan, seluruh kegiatan yang dilaksanakan, merupakan implementasi kinerja dewan dalam rangka meningkatkan pembangunan dan mensejahterakan warga kota. Sudirman mengakui, masih banyak aspirasi warga yang belum diwujudkan. Tapi, semuanya itu, sudah menjadi tekad bagi seluruh anggota dewan, untuk berbuat lebih baik ke depan. Kerjasama dengan eksekutif dan warga kota, akan menjadi perhatian serius, untuk ditingkatkan, ungkapnya.

Sepanjang 2011, DPRD melaksanakan kegiatan-kegiatan pada masa sidang dan masa reses yang dimulai tanggal 1 Januari dan berakhir tanggal 31 Desember. Kegiatan tersebut meliputi, rapa-rapat, kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi, kunjungan kerja luar provinsi, konsultasi ke tingkat atas, produk yang dilahirkan, serta kegiatan sosial lainnya.

Sekwan Atur Satria, melaporkan, selama 2011 dilakukan 96 kegiatan rapat, meliputi 18 rapat paripurna, 12 kali Rapat Pansus I pembahasan 6 Ranperda, 11 kali Rapat Pansus II, pembahasan 8 Ranperda, dan 7 kali Rapat Pansus III, pembahasan 5 Ranperda, 12 kali Rapat kerja DPRD dengan Eksekutif, serta 36 kali Rapat Dengar Pendapat (hearing) dengan stakeholder.

Untuk Kunjungan kerja luar daerah dalam provinsi dan luar provinsi, Atur Satria menjelaskan, panitia khusus masing-masing satu kali, dan dua kali untuk komisi-komisi. Sedangkan kunjungan kerja luar provinsi komisi-komisi, masing-masing tiga kali, panitia khusus masing-masing satu kali dan satu kali untuk Balegda.

Sementara itu, untuk konsultasi ke tingkat atas yang terdiri dari panitia khusus, Badan kehormatan, Badan Legislasi dan komisi-komisi masing-masing, juga satu kali.

Sepanjang tahun tersebut, produk yang dihasilkan, 26 Perda. Di antaranya, Perda penetapan APBD 2011, Perda tentang Kawasan Dilarang Merokok, Perda tentang Lambang Daerah, Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Payakumbuh Tahun 2012-2030, Perda tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Capil, Perda tentang Pertanggungjawaban dan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2010 dan tentang penetapan perubahan APBD Tahun anggaran 2012

Produksi lainnnya, berupa 16 buah keputusan Dewan dan 7 keputusan pimpinan, antara lain keputusan dewan tentang persetujuan penetapan Ranperda Kota Payakumbuh tentang APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2011 dan rancangan Perwako tentang penjabaran APBD Kota Payakumbuh Anggaran 2011, Keputusan dewan tentang Pansus pasar dan Atlit Kota Payakumbuh, keputusan dewan tentang persetujuan penetapan 17 buah Ranperda menjadi peraturan daerah kota Payakumbuh, keputusan dewan tentang persetujuan penetapan 6 Ranperda.

Sementara itu, Eksekutif telah menyampaikan 2 (dua) Ranperda kepada DPRD untuk segara dibahas pada masa sidang dan masa reses pertama Tahun 2012. Keduanya, Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda Nomor tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, dan Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kota Payakumbuh.(fit/Bt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s