RAKER DENGAN INSPEKTORAT, KOMISI A SOROT TEMUAN BPK

Adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI terhadap Laporan Keuangan Kota Payakumbuh tahun 2010 menjadi fokus pembahasan Rapat Kerja Komisi A DPRD Kota Payakumbuh dengan Inspektorat Kota Payakumbuh beberapa waktu lalu. Raker berlangsung di Ruang Komisi A Sekretariat DPRD Kota Payakumbuh.

Hadir dalam Raker tersebut, Ketua Komisi A, Alhadi Hamid, Anggota Komisi A, Maharnis Zul, S.Pd dan H.Masrul Malik, SH. Sementara dari Inspektorat, dihadiri langsung oleh Kepala Insprektorat, Drs. Syahrial, beserta seluruh Kepala Bidang.

Ketua Komisi A DPRD Kota Payakumbuh, Alhadi Hamid langsung mempertanyakan sejauh mana fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kota Payakumbuh terkait temuan BPK dibeberapa SKPD seperti di Dinas Pendidikan. Alhadi Hamid juga mempertanyakan apa tindak lanjut Inspektorat pasca gelar pengawasan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Menjawab pertanyaan Ketua Komisi A, Kepala Inspektorat, Drs. Syahrial membenarkan bahwa pihaknya memang telah melakukan gelar pengawasan terhadap temuan internal Kota Payakumbuh. Dari hasil gelar pengawasan diketahui bahwa jumlah temuan yang dapat ditindak lanjuti tahun 2010 hingga Juni 2011 sebesar Rp. 1.000.332.000,-

“Temuan yang dapat kita tindak lanjuti  tahun 2010 hingga Juni 2011 sebesar Rp. 1.000.332.000,-. Dari jumlah itu, sebanyak Rp. 204.000.000,- telah ditindaklanjuti keadaan Juni 2011”, beber Syahrial dihadapan Anggota Komisi A DPRD Kota Payakumbuh.

Ditambahkan Syahrial, pihaknya sudah memberikan peringatan dan teguran kepada SKPD-SKPD yang tersangkut dalam LHP BPK RI, termasuk temuan di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

“Kita sudah melayangkan surat teguran kepada setiap SKPD yang terkait dalam LHP BPK, dan beberapa SKPD sudah menindak lanjuti serta memberikan laporan kepada kami terkait temuan tersebut”, ujar Syahrial.

Diakhir Raker, Ketua Komisi A DPRD Kota Payakumbuh mengharapkan agar Inspektorat lebih giat lagi melakukan pengawasan internal, agar temuan dalam LHP BPK RI tahun 2010 lalu tidak lagi terjadi ditahun mendatang. (wan/bt/humas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s