KINERJA DPRD PAYAKUMBUH, RAKYAT YANG MENILAI

Kinerja DPRD Kota Payakumbuh triwulan pertama, 2011, disampaikan Ketua DPRD Wilman Singkuan, S.Sos, dalam acara rapat paripurna yang berlangsung di aula utama dewan, Senin (2/5). Paripurna DPRD dengan agenda Penutupan Masa Sidang dan Masa Reses Pertama dan Pembukaan Masa Sidang dan Masa Reses Kedua Tahun 2011, dipimpin Ketua DPRD Wilman Singkuan, didampingi dua pimpinan dewan, H Sudirman Rusma, dan H Suhaimi Birran BA, serta dihadiri anggota DPRD, Wakil Walikota Payakumbuh H Syamsul Bahri, Sekdako H. Irwandi, SH, unsur Muspida dan pimpinan SOPD serta sejumlah undangan lainnya.

“Cukup banyak yang telah dikerjakan DPRD selama masa sidang dan masa reses pertama, Januari-April baru lalu. Tapi, penilaian kinerja DPRD kami kembalikan kepada seluruh warga kota. Seluruh anggota DPRD tetap memberikan yang terbaik buat kemajuan kota dan peningkatan kesejahteraan rakyat,” ucap Ketua DPRD Wilman

Sepanjang empat bulan itu, DPRD telah menelorkan 18 Perda, 4 Keputusan Dewan dan 2 Keputusan Pimpinan, dengan total 25 kali rapat-rapat. Meliputi 4 rapat paripurna, 6 kali rapat paripurna sepihak (internal), 2 rapat badan musyawarah, 4 kali rapat badan anggaran, 1 kali rapat kerja Badan Anggaran dengan TAPD, serta 1 kali rapat badan kehormatan, 2 kali rapat komisi, dan 15 kali rapat kerja Komisi.

Dalam menyelesaikan 18 Perda itu, DPRD membentuk tiga Pansus, untuk mengkaji lebih dari Ranperda yang diajukan eksekutif. Pansus I sebanyak 12 kali, Pansus II 11 kali, Pansus III 7 kali dan Pansus IV 4 kali. Hearing Pansus I sebanyak 2 kali, sedangkan Pansus II, III dan IV masing-masing sebanyak 4 kali. Sedang untuk hearing Komisi A 1 kali dan Komisi B 5 kali. Untuk kegiatan peninjauan ke lapangan, Komisi A 2 kali, Komisi B 3 kali dan Komisi C sebanyak 6 kali.

Sementara, dalam rangka meningkatkan kapasitas DPRD, selama periode itu, seluruh anggota dewan bersama pimpinan, telah mengikuti bimbingan teknis dan workshop di luar daerah luar propinsi Sumatera Barat, masing-masing dua kali kegiatan. Selain itu, pimpinan juga ikut menghadiri undangan-undangan yang dilaksanakan oleh pemprop pemerintah kota, kecamatan, kelurahan dan kegiatan organisasi kemasyaratkatan lainnya. Serta menerima kunjungan kerja DPRD dari dalam dan luar propinsi Sumatera Barat.

Dalam mencari informasi, referensi dan perbandingan maka DPRD Kota Payakumbuh membentuk 3 panitia khusus untuk melakukan kunjungan kerja ke dalam daerah dan luar propinsi Sumatera Barat sebanyak 2 kali. Sedangkan Komisi A dan B serta C masing –masing melakukan kunjungan kerja sebanyak 1 kali ke luar daerah Sumatera Barat.

Untuk menampung aspirasi daerah pemilihan, anggota dewan melakukan kegiatan reses ke daerah pemilihan masing-masing baik kecamatan maupun kelurahan dalam Kota Payakumbuh yang berlangsung dari tanggal 25 s/d 30 April 2011 yang dilakukan secara perorangan. Kunjungan kerja ke daerah pemilihan, dikatakan, untuk menampung aspirasi masyarakat, dalam rangka perbaikan kinerja DPRD dan pemko ke depan, untuk kesejahateraan warga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s