17 RANPERDA DISAHKAN, DPRD BEKERJA CEPAT

17 Ranperda disahkan oleh Pemerintah dan DPRD Kota Payakumbuh, Jumat (18/3) kemarin. Ketua DPRD Wilman Singkuan bersama Wawako Syamsul Bahri menandatangi berita acara pengesahan di depan Muspida dan SKPD serta anggota DPRD lainnya.

PENGESAHAN 17 RANPERDA OLEH WAWAKO SYAMSUL BAHRI DAN KETUA DPRD DISAKSIKAN SEKDA DAN MUSPIDA

PENGESAHAN 17 RANPERDA OLEH WAWAKO SYAMSUL BAHRI DAN KETUA DPRD DISAKSIKAN SEKDA DAN MUSPIDA

19 Raperda yang awalnya diajukan, Ranperda Ranperda tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Ranperda tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan Dalam Kota Payakumbuh ternyata tidak mendapat persetujuan DPRD.

Alasannya, seharusnya Di Ranperda Penggabungan Kelurahan, mekanisme penggabungan  kelurahan diperjelas, kurangnya sosialisasi, serta hasil hearing Pansus I dengan masyarakat umumnya menolak dengan alasan; kesulitan untuk  menamai kelurahan, kesulitan untuk menentukan ibukota kelurahan, ditinjau dari segi pelayanan belum tentu akan baik, ditinjau dari segi kesejahteraan belum tentu akan meningkat, dan alasan sosiologis lainnya.

”Sedang untuk pemekaran, penggabungan kelurahan sebaiknya aspirasi dari masyarakat (sesuai Permendagri No. 31 tahun 2006),” ujar Syafrizal yang menjadi juru bicara DPRD.

Sementara itu, Ranperda tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan;   Ranperda tentang Pajak Air Tanah; Ranperda tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik;  Ranperda tentang Kawasan Dilarang Merokok; Ranperda tentang Pajak Penerangan Jalan; Ranperda tentang Pajak Hotel; Ranperda tentang Pajak Hiburan; Ranperda tentang Pajak Reklame; Ranperda tentang Pajak Parkir, disetujui DPRD.

Selanjutnya, Ranperda tentang Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan; Ranperda tentang Pajak Restoran; Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Payakumbuh Tahun 2005-2025; Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Payakumbuh Tahun 2008-2012.

Sementara itu, juga disetujui Ranperda perubahan Perda Payakumbuh, tentang Organisasi dan Tata Kerja beberapa SKPD, masing-masing Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 03 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh.

Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Payakumbuh Nomor 04 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat dan Lembaga Teknis di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh; Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana dan Kesatuan Bangsa Pemerintah Kota Payakumbuh, Ranperda tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pelayanan Terpadu satu Pintu dan Penanaman Modal Daerah Kota Payakumbuh.

(DODI SYAHPUTRA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s