DPRD Kota Payakumbuh setujui RANPERDA LPJ APBD

DPRD Kota Payakumbuh akhirnya  menyetujui RANPERDA LPJ APBD TA 2009 dalam sidang paripurna yang dipimpin H. Sudirman Rusma dan didampingi wakil ketua H Suhaimi Birran, BA. kamis, (7/10). Bertempat di ruang sidang utama sidang yang dihadiri Wakil Walikota, Syamsul Bahri, Sekdako Payakumbuh, Irwandi, SH, Asisten I Richard Moesa, Dandim 0306/lima puluh kota, Polres Kota Payakumbuh serta Kepala SKPD se-kota Payakumbuh.

Dalam laporan pembicaraan tingkat II yang dibacakan juru bicara DPRD Kota Payakumbuh, YB. Dt. Permata Alam menyebutkan hasil pembicaraan tingkat II dimulai dengan rapat kerja dengan SKPD yang dilakukan dengan serius namun tetap dalam suasana kekeluargaan. Sehingga dihasilkan keputusan yang disepakati bersama.

Dijelaskan bahwa pada Rapat Paripurna DPRD Kota Payakumbuh hari Rabu, (6/10) lalu dengan agenda penyampaian pendapat fraksi- fraksi, dari 6 (enam) fraksi yang ada dapat menerima dan menyetujui Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2009 menjadi Peraturan Daerah kendati dengan menyisakan beberapa catatan.

Dari hasil pembahahasan dalam Rapat Kerja antara Dewan dengan  Kepala Daerah melalui  masing-masing SKPD, secara umum pelaksanaan APBD tahun 2009,  Pemerintah Daerah telah dapat merealisasikan sebahagian  besar program kerja yang direncanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, hal ini dapat dinilai secara kwantitatif terhadap hasil pencapaian indikator-indikator renstra tahunan dan secara kasat mata dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan aktifitas ekonomi masyarakat serta berbagai fasilitas pelayanan publik yang disediakan.

DPRD menyatakan sangat bangga dan memberikan apresiasi atas sejumlah penghargaan yang diterima Kota Payakumbuh, namun DPRD juga berharap kiranya Belanja APBD Kota Payakumbuh jangan hanya difokuskan untuk pembiayaan dan pembangunan kawasan yang akan dinilai oleh tim penilai penghargaan-penghargaan dari pusat, sementara kawasan pinggiran terabaikan.

Dalam usaha memberdayakan usaha kecil dan menengah khusus dalam mempermudah akses permodalan diharapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dana bergulir agar dikelola secara profesional sesuai dengan peruntukannya serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Anggota Dewan berharap agar Pemerintah Kota Payakumbuh segera meyelesaikan secara tuntas temuan-temuan yang telah disampaikan oleh BPK RI perwakilan Sumatera Barat dan meningkatkan pengendalian Internal di dalam lingkungan Pemko Payakumbuh.

Jubir DPRD menambahkan agar Rapat Monitoring dan Evaluasi secara rutin dapat memacu kedisiplinan SKPD menjalankan program kerja. Disamping itu Dewan juga berharap Pemko harus berusaha mengelola PAD dengan baik.

Wawako, Syamsul Bahri dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian, masukan, saran dan kritikan anggota Dewan yang yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan Kota Payakumbuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s