RAPAT KERJA KOMISI C DENGAN KEP-SEK TK/RA & SD/MI SE-PAYAKUMBUH

Masalah kekurangan guru, kompetensi dan pemerataannya, kesenjangan antara guru PNS dengan guru yang berstatus honorer, guru-guru TK/RA yang tidak masuk dalam database, reward untuk guru berprestasi serta peluang beasiswa bagi para guru yang tidak merata merupakan sebagian besar permasalahan yang disampaikan Kepala Sekolah TK/RA dalam Rapat Kerja Komisi  C dengan Kepala Sekolah TK/RA se-Payakumbuh yang diadakan Rabu (14/7) pagi kemaren.

Rapat kerja yang dibuka Wakil Ketua Komisi C Mustafa  ini berlangsung hangat di ruang sidang utama DPRD Payakumbuh. Dihadiri oleh 33 Kepala Sekolah TK/RA se-kota Payakumbuh, rapat kerja ini diharapkan dapat menggali permasalahan-permasalahan yang saat ini tengah dihadapi oleh TK/RA di kota Payakumbuh.

Hadir dalam rapat kerja Komisi C yang membidangi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat ini anggota Komisi C YB. Parmato Alam, Hurisna Jamhur S.Pd, Erlindawati, S.Pd, Adi Suryatama, ST, Ir. Zul Amri dan juga H. Sudirman Rusma (Wakil Ketua DPRD).

Permasalahan lain yang juga mengemuka dalam rapat kerja tersebut yang menyangkut masalah pendanaan diantaranya bangunan fisik sekolah yang masih minim dan kurang bisa mengakomodir kebutuhan ruang bagi TK/RA di kota Payakumbuh. Permasalahan ini antara lain dikemukakan oleh TK Istiqlal Labuah Basilang Payakumbuh Barat, TK Nur Huda Limbukan Payakumbuh Selatan, TK Nurul Falah Pakan Sinayan Payakumbuh Barat. Untuk mengatasi masalah kurangnya lokal untuk menampung jumlah siswa yang tiap tahun makin meningkat ini terkadang sekolah terpaksa mengambil kebijakan menggunakan ruangan aula atau Mushola untuk sementara. Demikian diungkapkan Erdawati Kepala Sekolah TK Istiqlal Labuah Basilang.

Menanggapi permasalahan yang disampaikan TK PKK Ibuh Payakumbuh Barat dimana TK ini belum memiliki gedung sendiri Anggota Komisi C Erlindawati, S.Pd menyampaikan perlu adanya kerjasama yang baik antara TK dengan Ninik Mamak di Ibuh untuk menyelesaikan hal ini.

Kurangnya sarana dan prasarana sekolah, seperti kurangnya alat peraga, belum adanya jaringan komputer, beberapa TK yang belum dialiri listrik, bangunan WC yang kurang memadai  juga diungkapkan oleh beberapa Kepala Sekolah TK/RA di kota Payakumbuh. Tidak adanya dana BOS bagi TK/RA Kota Payakumbuh juga banyak dikeluhkan oleh para Kepala Sekolah ini.

PERBAIKAN SARANA & PRASARANA

Bertempat di ruang yang sama pada sore harinya, bersama KOMISI C rapat kerja juga berlangsung dengan Kepala SD/MI se- Payakumbuh.

Tak jauh berbeda dengan TK/RA di Payakumbuh permasalahan-permasalahan yang disampaikan oleh Kepala SD/MIN ini antara lain berkaitan dengan masalah sarana dan prasarana (perlu dana tambahan untuk rehab gedung, pembangunan rumah dinas, mushola, penambahan lokal baru, pembuatan pagar sekolah, pembuatan fasilitas WC dan lain-lain).

Beberapa sekolah mohon penambahan staf pengajar antara lain SDN 16 Payakumbuh, SDN 33 Padang Alai, SDN 35 Ampangan.

Tak berbeda dengan guru RA, guru MI juga minta disamaratakan dengan guru SD. Kesenjangan sering terjadi dalam hal pembagian baju dinas, tujangan, reward tertentu yang terkadang tidak dapat dirasakan oleh guru-guru MI.

Permasalah-permasalahan lain yang juga mengemuka antara lain SD/MI mohon diberi kembali dana bantuan BBM, penambahan tunjangan fungsional, pemberian reward bagi guru berprestasi, dan sekali waktu diajak untuk melakukan studi banding.

Semua aspirasi akan ditampung dan disampaikan dalam Rapat Kerja dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Aspirasi dan semua keluhan dari kepala TK/RA dan SD/MI ini diharapkan bisa dijadikan bahan masukan untuk perbaikan proses belajar dan mengajar di sekolah demi harapan terpenuhinya salah satu pilar pembangunan kota Payakumbuh yaitu peningkatan kualitas pendidikan. Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi C YB Dt. Parmato Alam dan Erlindawati, S. Pd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s