BANGLI DAN KARANGASEM KAYA SDM DAN SDA

KUNJUNGAN KERJA KOMISI B DPRD KOTA PAYAKUMBUH (1)

Bait lagu Batak dinyanyikan merdu oleh Wakil Bupati Karangasem, Provinsi Bali Drs. I Gusti Lanang Rai saat Komisi B DPRD Kota Payakumbuh berkunjung kerja, 17-22 Mei lalu. Pertemuan yang digelar bersama seluruh jajaran Setdakab Karangasem itu membahas pokok penting tentang pariwisata, pertanian, PDAM, UMKM, Pasar dan Penanaman Modal.

>>>> DODI SYAHPUTRA, BALI <<<<

KOMISI B DPRD PAYAKUMBUH BERSAMA WAKIL BUPATI KARANGASEM

KOMISI B DPRD PAYAKUMBUH BERSAMA WAKIL BUPATI KARANGASEM

WAKIL KETUA DPRD PAYAKUMBUH (KANAN) H SUHAIMI BIRRAN SERAHKAN CINDERAMATA PAYAKUMBUH KE WAKIL BUPATI KARANGASEM I Gusti Lanang Rai

WAKIL KETUA DPRD PAYAKUMBUH (KANAN) H SUHAIMI BIRRAN SERAHKAN CINDERAMATA PAYAKUMBUH KE WAKIL BUPATI KARANGASEM I Gusti Lanang Rai

“Saya, telah 65 tahun. Sejak dulu sering berkunjung pula ke Sumatera. Payakumbuh seingat saya kota yang dilalui melewati areal persawahan. Sungguh alami. Karangasem di Timur Bali ini tak ubahnya seperti Payakumbuh yang kaya potensi alam dan manusianya,” ujar Gusti Lanang mengibaratkan.

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh yang mengunjungi Karangasem dan Kabupaten Bangli ini, dipimpin Ketua Komisi, Tri Venindra mendampingi, Wakil Ketua DPRD H Suhaimi Birran, BA. Bersama Wakil Ketua Komisi H Alhudri Dt Rangkayo Mulie, anggota; Nasrul Suri, Syafrizal, Khairul, Vembrian Asung Nugroho ST.

Bersama Asisten I Setdako Richard Moesa, Kadinas Koperasi UKM Yanuar dan Direktur PDAM Faisal Mustafa, Komisi B DPRD Payakumbuh mempelajari khusus sampai ke lapangan tentang kinerja pemerintah Karangasem dan Bangli mengembangkan enam bidang tersebut.

Dimulai dengan paparan pertanian Karangasem yang menonjolkan satu produk satu wilayah (one product one village) yang ternyata terbentuk alami di sana. Diakui Wakil Bupati Karangasem, di daerahnya salak Bali hanya bisa tumbuh di sana.

“Ini khas dan fokus daerah, khususnya di pertanian. Petani mendapat posisi terbaik sebab hanya di daerah kami ini salak khas Bali bisa tumbuh dan hidup. Entah kenapa?” akunya.

Di sisi pariwisata, wilayah Karangasem telah memiliki kampus pariwisata. Sehingga penunjang pariwisata Bali, tenaga profesional di bidangnya diinput dari tenaga-tenaga asli Karangasem. PDAM, UMKM, Pasar dan Penanaman Modal menurut Gusti Lanang dilakukan dengan sistem sama dengan daerah lain.

Namun, khas di Karangasem, wilayah ini mendukung penuh dengan aspirasi dan dorongan dari masyarakatnya sendiri. “Kami umumnya, meminta masyarakat untuk berembuk kerja. Mengumpulkan aspirasi, serta menemukan titik temu antara permintaan masyarakat dengan kemampuan daerah,” ujar Wabup Karangasem.

Tepatnya lagi, seperti diskusi Komisi B DPRD Kota Payakumbuh berikutnya dengan SKPD terkait, ditemukan bahwa Musrenbang memiliki kekuatan daya resap aspirasi terbaik. Payakumbuh sendiri telah melakukan itu sejak lama. Tinggal lagi penguatan di Payakumbuh yang mengawal hasil Musrenbang itu betul-betul tepat guna dan tepat sasaran.

BANGLI BERGELIAT

Bupati Bangli I Nengah Arnawa Ssos MM bersama jajaran menyebut perkebunan dan perikanan menjadi investasi ekonomi yang terus bergerak maju. Bangli kini makin termajukan sebab telah padunya antara sistem pertanian dengan konsep devisa daerah yang diutamakan. Kabupaten Bangli terletak diantara 115′ 13′ 48″ sampai 115′ 27′ 24″ Bujur Timur dan 8′ 8′ sampai 8′ 31′ 87″ Lintang Selatan.

Posisinya berada ditengah-tengah Pulau Bali sehingga merupakan satu-satunya Kabupaten yang tidak memiliki pantai/laut. Luas Kabupaten Bangli sebesar 520,81 Km atau 9,25% dari luas Propinsi Bali, ketinggian dari permukaan laut antar 100 2152 meter sehingga tanaman apa saja bisa tumbuh di daerah ini.

Secara fisik dibagian Selatan merupakan daerah dataran rendah dan bagian utara merupakan pegunungan.

Puncak tertinggi adalah Puncak Penulisan, terdapat Gunung Batur dengan kepundannya Danau Batur yang memiliki luas 1.067,50 Ha. Jarak dari Ibu Kota Kabupaten ke Ibu Kota Propinsi sekitar 40 km.

Wilayahnya sendiri berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Klungkung di sebelah selatan, Kabupaten Badung di sebelah barat dan Kabupaten Karangasem di sebelah Timur. Kesuburan tanah, sumber air yang memadai dari Danau Batur, dan hawa sejuk di sekitar Gunung Batur turut mendukung usaha pertanian. Pertanian memang menjadi gantungan hidup sebagian besar penduduk Bangli.

Produk pertanian yang paling di minati sebagian besar petani Bangli adalah sayuran dan buah-buahan. Bawang merah, bawang putih, juga menjadi sayuran yang banyak di tanam di Kecamatan Kintamani, kecamatan yang paling luas di Bangli. Tanaman buah-buahan juga menjadi komoditas andalan Bangli.

Jeruk keprok misalnya. Komoditi ini banyak ditanam di wilayah bagian utara meliputi Kecamatan Susut, Kintamani, Tembuku, dan Bangli. Budidaya buah jeruk dilakukan secara monokultur dan tumpang sari dengan tanaman kopi arabika. Komoditi andalan lain adalah kopi arabika.

KARANGASEM

Kabupaten Karangasem sendiri kabupaten yang terletak di provinsi Bali. Ibu kotanya berada di Amlapura. Kabupaten ini secara geografis terletak antara 800’00” – 841’37,8″ Lintang Selatan dan 11535’9,8″ – 11554’8,9″ Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Karangasem di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Selat Lombok, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Klungkung, Bangli dan Buleleng sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Luas wilayah Kabupaten Karangasem 839,54 Km2 yang terbagi menjadi delapan kecamatan. Keberadaan Industri kecil yang ada di Kabupaten Karangasem beraneka ragam dengan berbagai produk barang/ jasa yang dihasilkan seperti halnya industri yang bergerak bidang makanan, minuman, keperluan rumah tangga dan perkantoran, jasa service maupun kerajinan. Diantara industri kecil yang ada, industri kecil bidang kerajinan merupakan jumlah yang paling banyak.

Ada sekitar 14 Obyek Wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Karangasem sebagai pendukung investasi. Diantara Obyek wisata tersebut adalah Bukit Jambul, Besakih dan Telaga Waja (Kecamatan Rendang) Putung (KecamatanSelat) Iseh (Kecamatan Sidemen) Agrowisata Salak Sibetan (Kecamatan Bebandem) Puri Agung Karangasem, Taman Sukasada Ujung dan Candidasa (Kecamatan Karangasem) Taman Tirtagangga serta Jemeluk (Kecamatan Abang) Tenganan serta Padang Bai (KecamatanManggis) Tulamben ( Kecamatan Kubu).

Musibah gunung meletus yang pernah terjadi di kabupaten ini ternyata tidak hanya menimbulkan kerusakan wilayah tapi cukup memberikan keuntungan bagi wilayah ini. Letusan yang terjadi ternyata memuntahkan jutaan kubik pasir yang menutupi tanah di lima kecamatan.

Masyarakat Kecamatan Kubu dan empat kecamatan lainnya sangat tertolong kehidupannya. Pasir itu bagaikan tambang emas hitam. Ketebalannya mencapai dua meter, untuk di tepi sungai bahkan mencapai lima meter. Sektor peternakan pun menjadi potensi untuk peningkatan pendapatan masyarakatnya, terutama melalui pengembangan populasi ternak sapi dan domba, yang disertai pengembangan industri pengolahan produksi ternak.

Kabupaten ini mempunyai kain tenun yang cukup khas yaitu kain gringsing. Kain tenun ini terkenal di kalangan peneliti budaya dunia tidak saja dari segi mitosnya, tetapi juga dari segi teknik penenunannya. Pakar tekstil menyebutkan teknik penenunan kain gringsing yang rumit dan memakan waktu yang lama ini hanya dijumpai di tiga lokasi di dunia. Selain di Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali, teknik ini hanya terdapat di Jepang dan India.

…senyum dan tawa hanya/sekedar saja/sebagai pelengkap/sandiwara(Kucari Jalan Terbaik), dilagukan oleh Wakil Bupati Karangasem I Gusti Lanang Rai, menutup pertemuan selama dua hari itu, yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan melihat dari dekat kondisi daerah dan masyarakat .

Semoga berguna dan teraplikasi di Payakumbuh.(sp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s