WILMAN SINGKUAN, TERPOSISI DI ADEKSI


PAYAKUMBUH, METRO —

 

Ketua DPRD Payakumbuh, Wilman Singkuan terpilih mengurusi Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) dalam pemilihan langsung oleh peserta Musyawarah Nasional III ADEKSI yang di Hotel JW Mariott, Jakarta, Kamis 11 Februari 2010 lalu. Wilman terposisikan di jabatan Wakil Bendahara II.

 

ADEKSI yang beranggotakan 86 DPRD Kota se-Indonesia itu kini diketuai oleh Wisnu Wardhana, Ketua DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur. Wilman Singkuan yang berada di pengurusan periode 2010-2015 dalam pemilihan yang diikuti 58 wakil dari DPRD Kota dari seluruh Indonesia.

 

Kepada POSMETRO, Wilman memperlihatkan struktur kepengurusan ADEKSI itu meminta dukungan media khususnya, dan masyarakat Kota Payakumbuh agar posisi terhormat ini bisa diemban dengan baik.

 

Berposisi di pengurus inti menjadikan Ketua DPRD Payakumbuh ini menjadi slaah satu penentu kebijakan asosiasi yang berkantor di Jakarta.

 

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menyambut baik Munas III ADEKSI berkenaan dengan tugas dan fungsi DPRD, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 yang telah ditegaskan bahwa sistem akuntabilitas dilaksanakan dengan kewajiban kepala daerah untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah, dan memberikan laporan keterangan pertanggungjawaban kepada DPRD.

 

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada Munas III Adeksi lalu itu mengatakan, bahwa DPRD merupakan institusi yang menjadi jembatan antara kepentingan masyarakat dan sebagai pembuat kebijakan. Adapun domainnya adalah domain pemerintah dan domain masyarakat.

 

Mengambil tema “Revitalisasi Peran Dan Fungsi DPRD Dalam Menciptakan Tata Pemerintahan Yang Baik” (Clean and Good Local Governance). Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) berdiri sejak 26 Juni 2001, organisasi ini menjadi tempat berhimpun bagi 86 DPRD Kota. Seiring dengan kemajuan pembangunan demokrasi dan ketatanegaraan, kota-kota otonom di Indonesia, kemudian bertambah dengan adanya pemekaran dan peningkatan status. Tahun 2008, anggota ADEKSI sudah mencapai 90 kota dengan jumlah anggota sekitar 3.000 orang anggota DPRD kota.(sp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s